Selasa, 09 Agustus 2016

Model Pembelajaran PKn di SD/MI Kelas Rendah

Model Pembelajaran PKn di SD/MI Kelas Rendah

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini




Transcript of Model Pembelajaran PKn di SD Kelas Rendah

Model Pembelajaran PKn di SD Kelas Rendah
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Memilih konsep, prinsip, aturan yang akan disajikan dengan pendekatan induktif.
2. Menyajikan contoh-contoh khusus, prinsip, atau aturan yang memungkinkan siswa memperkirakan sifat umum yang terkandung dalam contoh.
3. Menyajikan bukti yang berupa contoh tambahan untuk menunjang atau mengangkat perkiraan.
4. menyusun pernyataan mengenai sifat umum yang telah terbukti berdasarkan langkah-langkah terdahulu.
5. Menyimpulkan, memberi penegasan dari beberapa contoh kemudian disimpulkan dari contoh tersebut serta tindak lanjut.
Bagaimana Penerapan Model ini Dalam Pembelajaran ??
Langkah-langkah Pembelajaran
Model Pembelajaran Terpadu
1. Menyiapkan materi dan perlengkapan lain yang akan disampaikan.
2. Apersepsi dengan sedikit mengulangi pelajaran yang lalu.
3. Menyampaikan konsep-konsep materi.
4. Menyiapkan perlengkapan yang mendukung seperti gambar, kaset dan yang lain disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
5. Melaksanakan pembelajaran.
6. menyimpulkan, menegaskan dan menyetel kaset yang sesuai dan memberikan tindak lanjut.

Model Pembelajaran merupakan pola umum perilaku pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Model Pembelajaran PAIKEM
Penerapan model pendekatan pembelajaran PAIKEM dipandang lebih tepat. Penerapan model pendekatan PAIKEM diharapkan dapat mendukung penyajian materi-materi ajar yang bersifat tematik, yaitu bagaimana guru mengkaitkan materi PKn dengan materi-materi lain yang mempunyai tema sama, sehingga lebih menarik perhatian siswa.
Pembelajaran Model Talking Stick
Model pembelajaran talking stick ini diadopsi dari tradisi orang Indian (native American) yaitu menggunakan tongkat untuk berceritera atau mengijinkan setiap peserta berbicara pada pertemuan antarsuku. Strategi ini kemudian dipakai guru untuk pendekatan dalam proses belajar mengajar pada hampir semua pelajaran termasuk IPS dan PKn.
Model Pembelajaran Ekspositori
Pendekatan ekspositori merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada interaksi guru dengan siswa. Dalam pendekatan ini terjadi komunikasi satu arah, yaitu dari guru ke siswa sehingga guru lebih aktif dari pada siswa.
Model Pembelajaran Pendekatan Induktif
Merupakan pendekatan dari khusus ke umum. Pendekatan ini dikembangkan oleh filosof Perancis Bacon yang menghendaki penarikan kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang kongkrit sebanyak mungkin.
Jenis-jenis Pembelajaran Terpadu
1. Terpadu Model Connected
Pengertian Model Pembelajaran
Pembelajaran terpadu adalah suatu pembelajaran yang mengkaitkan tema-tema yang over laping untuk dikemas menjadi satu tema besar kemudian dibahas dalam suatu pembelajaran. Model pembelajaran terpadu merupakan model pembelajaran dengan pendekatan yang menekankan pada aspek-aspek bersifat umum seperti thinking skills, social skill, values and attitudes.
Model connected adalah model terpadu yang menghubungkan dalam konsep-konsep atau antar topik dengan topik lain dalam matapelajaran yang sama.
2. Terpadu Model Webbed
Dalam model pembelajaran ini guru memilih tema yang sama atau hampir sama dari beberapa standar kompetensi dengan lintas mata pelajaran atau pada bidang studi yang berbeda.
3. Terpadu Model Integrated
Full transcript

Tidak ada komentar:

Posting Komentar