PTK PKN kelas 7 SMP METODE THINKPAIR SHARE (TPS)
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
judul yang tepat untuk Contoh PTK PKN kelas 7 SMP METODE THINKPAIR SHARE (TPS) adalah Penerapan METODE THINKPAIR SHARE (TPS) untuk MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI atau bisa juga UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE THINKPAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI
Sedangkan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan (BSNP, Standar Isi KTSP 2006) adalah sebagai berikut 1) berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, 2) berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi 3) berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya, 4) berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dari pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk meningkatkan kemampuan diri pribadi siswa sebagai insan pancasila, supaya masyarakat mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan dan masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif, bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menciptakan suatu generasi yang anti-korupsi. Untuk mewujudkan tujuan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, maka seorang guru PKn harus mempunyai pengetahuan yang memadai baik di bidang akademik maupun pedagogik. Guru harus menguasai materi pendidikan kewarganegaraan dan dapat menyajikan materi tersebut dengan berbagai metode yang kreatif dan inovatif sehingga pemahaman siswa tidak berhenti pada aspek kognitif saja tetapi dapat terwujud dalam sikap dan perilaku sehari-hari (sampai aspek afektif dan psikomotor).
di dalam Contoh PTK PKN kelas 7 SMP METODE THINKPAIR SHARE (TPS) Penyebab pengetahuan siswa yang masih terpusat pada aspek kognitif karena guru masih menggunakan metode mengajar yang konvensional seperti ceramah dalam pembelajaran PKn-nya
Penggunaan metode ceramah lebih mendominasi selama proses pembelajaran, sehingga guru dalam pendekatan pembelajaran berorientasi terpusat pada dirinya sendiri. Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan sebagai metode tradisional, karena sejak dahulu metode ini sudah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Kelemahan metode ceramah adalah: 1) kegiatan pembelajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata), 2) anak didik yang lebih tanggap dari sisi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya akan lebih cepat menerimanya, 3) bila terlalu lama akan membosankan, 4) sukar mengontrol sejauh mana perolehan belajar anak didik dan, 5) meyebabkan anak didik pasif (Jamal Ma’mur Asmani : 2012: 32-33)
Kondisi ini juga terjadi di SMP Negeri 1 Japah Kecamatan Japah Kabupaten Blora khususnya pada kelas 7 D, berdasarkan hasil pengamatan terhadap pembelajaran PKn pada materi “Sikap Positif Terhadap Perlindungan dan Penegakan Hak Asasi Manusia” di kelas tersebut, dalam proses pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari 37 siswa yang sering bertanya ataupun mengemukakan pendapat pada waktu proses pembelajaran berlangsung hanya 7 orang (18,91%). Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah, masih terdapat siswa yang belum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar