Contoh PTK PKN kelas 7 SMP METODE THINKPAIR SHARE
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
mencapai nilai KKM > 72. Dari hasil evaluasi setelah pembelajaran
selesai hanya 12 orang (32,43%) yang hasil belajarnya sudah mencapai KKM
> 72, sedangkan 25 orang (67,58%) masih mendapatkan nilai dibawah
KKM > 72.
Dalam merancang sebuah pembelajaran tidak lepas dari indikator dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Untuk mencapai hal itu dalam
sebuah pembelajaran kita membutuhkan cara atau metode pembelajaran yang
tepat.
Pada umumnya guru hanya menggunakan metod ceramah/ konvensional, hal
ini dikarenakan materi PKn hanya berbentuk bacaan teoretis yang dihafal,
guru kurang kreatifnya dalam menyajikan pembelajaran. Untuk mengatasi
siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berdampak pada hasil
belajar yang rendah maka di lakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menerapkan metode Tink Pair Share.
Metode Think Pair Share (TPS) adalah metode yang sederhana, namun
sangat bermanfaat bagi siswa, metode ini dikembangkan pertama kali oleh
Frannk Lyman dari university of Maryland 1989. Pada awal pembelajaran,
siswa diminta untuk duduk berpasang (kelompok) dan kemudian guru
mengajukan satu pertanyaan/ masalah kepada mereka. Setiap siswa diminta
untuk berfikir sendiri-sendiri terlebih dahulu tentang jawaban atas
pertanyaan itu, kemudian mendiskusikan hasil pemikiranya dengan pasangan
(kelompok) untuk memperoleh satu konsensus yang sekiranya dapat
mewakili jawaban mereka. Setelah itu, guru meminta setiap pasangan untuk
menshere, menjelaskan, atau menjabarkan hasil konsensus atau jawaban
yang telah mereka sepakati pada siswa-siswa yang lain diruang kelas
(Miftahul Huda, 2012 : 132). Dengan metode TPS diharapkan pembelajaran
PKn menjadi lebih menarik, siswa lebih aktif yang berdampak pada hasil
belajar menjadi meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar