Minggu, 31 Juli 2016

Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN Siswa kelas IV

Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN Siswa kelas IV


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini



Penelitian dilakukan adanya permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang khususnya kelas IX-G. Pembelajaran di kelas IX-G masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas pada pembelajaran PKn kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang, untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang melalui pengelolaan kelas

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 35 siswa. Setiap siklus PTK terdiri dari atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Data dikumpulkan atau observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yang disebut analisis isi (content analysis) dimana analisis isi (content analysis) merupakan penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap suatu isi informasi tertulis. Dalam penelitian ini, yang akan dibahas secara mendalam adalah upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IX-G SMP Negeri 7 Malang melalui pengelolaan kelas. Selanjutnya pengelolaan kelas dan motivasi belajar di klasifikasikan dengan 3 kriteria, yaitu tinggi, sedang, dan rendah.

Pengelolaan kelas dilaksanakan dengan menciptakan kondisi yang produktif dan menegakkan aturan. Menciptakan kondisi berupa: guru mempersilahkan siswa untuk bertanya apa saja yang tidak dimengerti oleh mereka, guru juga mengajukan pertanyaan kepada siswa, mengenal karakteristik kelas, dan menumbuhkan rasa percaya diri. Dan menegakkan aturan berupa: guru mengajukan pertanyaan pada siswa yang ribut sebagai hukuman baginya, siswa yang terlambat mengumpulkan tugas nilainya dikurangi.

Upaya yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas adalah merinci kondisi kelas yang dikehendaki, mengamati kondisi kelas yang ada/nyata, menentukan cara pengelolaan kelas, menilai dan memilih hasil pengelolaan kelas. Selanjutnya melalui pengelolaan kelas ini dapat memperlihatkan motivasi kelas PKn siswa kelas IX-G SMP Negeri 7 Malang. Jika ini ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa kelas IX-G memiliki motivasi belajar yang makin meningkat. Pada siklus satu motivasi siswa 27,5 dan siklus dua 30,1 dengan peningkatan 25,9%.

Akhirnya disarankan guru PKn adalah pemimpin proses berjalannya pembelajaran dalam kelas sehingga siswa sebaliknya patuh instruksi dari guru PKn yang meningkatkan motivasi belajar. Kerja sama siswa bukan membebankan temannya yang lain yang dianggap lebih bisa di dalam kelas namun menolong mencari jawaban yang tepat dari tugas tersebut maupun membuat suatu pendapat dari materi yang disampaikan. Sekolah sebagai lingkungan belajar sudah harus mempersiapkan kebutuhan dan peralatan sekolah untuk menunjang berjalannya proses belajar mengajar. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis microsoft power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Cemorokandang 2 Malang / Ike Oktaria

2Penerapan pendekatan multikultural untuk meningkatkan rasa cinta tanah air pada pembelajaran PKn kelas III SDN Sukomoro I Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk / Tri Ratna Sari
3Penerapan model mind mapping dan inside-outside circle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Pelambuan 7 Banjarmasin / Siti Aulia
4Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media CD interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Bronjong Kabupaten Lamongan / Indra Kurniawan
5Penerapan model course review horay untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn kelas IV SDN Ngajum 01 Malang / Tia Diana Perwitasari
6Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan / Kateni Winata
7Meningkatkan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dalam pembelajaran PKn melalui metode role playing siswa kelas V SDN Glangang I Malang / Erna Kusrini
8Penerapan model jigsaw untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa tentang globalisasi di kelas IV SDN Kauman 2 Kecamatan Klojen Kota Malang / Mesak Apalem
9Penerapan permainan kata berantai untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang harga diri pada PKn kelas III SDN Banjararum 03 Malang / Sulicha
10Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang / Ferid Aquarista
11Penerapan strategi pembelajaran think talk write untuk meningkatkan aktivitas dan hail belajar PKn siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Kec. Kedungkandang Kota Malang / Siti Hajar Sangaji
12Pemanfaatan sumber belajar lingkungan terdekat siswa melalui observasi untuk meningkatkan hasil belajar materi norma yang berlaku di masyarakat bagi siswa kelas III A SDN Kotalama 5 Malang / Rifa Nurdiana
13Pemanfaatan media gambar ilustrasi sebagai alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I SDN Pisangcandi I Kota Malang / Rita Yulaika
14Implementasi model peta konsep (Concept Mapping) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran PKn di SDN Pandanwangi 4 kota Malang / Diana Saridewi
15Meningkatkan hasil belajar PKn dengan strategi TTW (Think - Talk - Write) siswa kelas III SDN Gampeng II / Dianika Ratnasari
16Penerapan model pembelajaran demokratis berperspektif gender untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Kesamben 06 Blitar / Dandik Dwi Yulistyawan
17Penerapan model pembelajaran kooperatif time token arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Jatimulyo 01 Malang / Muhammad Fitra Rasyadianto
18Meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode role playing di kelas IV SDN Ardirejo 3 Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Ita Afni Mubalihah
19Penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Dyah Rismawanti
20Penerapan model talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang / Dwi Enggar Septiyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar