Penelitian Tindakan Kelas Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN Siswa kelas IV
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Penelitian dilakukan adanya permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Malang khususnya kelas IX-G. Pembelajaran di kelas IX-G masih menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas pada pembelajaran PKn kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang, untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran PKn kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang melalui pengelolaan kelas
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas IX-G di SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 35 siswa. Setiap siklus PTK terdiri dari atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Data dikumpulkan atau observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yang disebut analisis isi (content analysis) dimana analisis isi (content analysis) merupakan penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap suatu isi informasi tertulis. Dalam penelitian ini, yang akan dibahas secara mendalam adalah upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IX-G SMP Negeri 7 Malang melalui pengelolaan kelas. Selanjutnya pengelolaan kelas dan motivasi belajar di klasifikasikan dengan 3 kriteria, yaitu tinggi, sedang, dan rendah.
Pengelolaan kelas dilaksanakan dengan menciptakan kondisi yang produktif dan menegakkan aturan. Menciptakan kondisi berupa: guru mempersilahkan siswa untuk bertanya apa saja yang tidak dimengerti oleh mereka, guru juga mengajukan pertanyaan kepada siswa, mengenal karakteristik kelas, dan menumbuhkan rasa percaya diri. Dan menegakkan aturan berupa: guru mengajukan pertanyaan pada siswa yang ribut sebagai hukuman baginya, siswa yang terlambat mengumpulkan tugas nilainya dikurangi.
Upaya yang dilakukan guru dalam pengelolaan kelas adalah merinci kondisi kelas yang dikehendaki, mengamati kondisi kelas yang ada/nyata, menentukan cara pengelolaan kelas, menilai dan memilih hasil pengelolaan kelas. Selanjutnya melalui pengelolaan kelas ini dapat memperlihatkan motivasi kelas PKn siswa kelas IX-G SMP Negeri 7 Malang. Jika ini ditunjukkan berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa kelas IX-G memiliki motivasi belajar yang makin meningkat. Pada siklus satu motivasi siswa 27,5 dan siklus dua 30,1 dengan peningkatan 25,9%.
Akhirnya disarankan guru PKn adalah pemimpin proses berjalannya pembelajaran dalam kelas sehingga siswa sebaliknya patuh instruksi dari guru PKn yang meningkatkan motivasi belajar. Kerja sama siswa bukan membebankan temannya yang lain yang dianggap lebih bisa di dalam kelas namun menolong mencari jawaban yang tepat dari tugas tersebut maupun membuat suatu pendapat dari materi yang disampaikan. Sekolah sebagai lingkungan belajar sudah harus mempersiapkan kebutuhan dan peralatan sekolah untuk menunjang berjalannya proses belajar mengajar. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis microsoft power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Cemorokandang 2 Malang / Ike Oktaria
Tidak ada komentar:
Posting Komentar